Minggu, 24 Maret 2013

Sehat dengan Kombinasi Vitamin D dan Kalsium

PDF Print
Monday, 25 June 2012
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa suplemen kalsium yang dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D akan memperpanjang usia.

Para peneliti mencatat, kombinasi dari kedua suplemen ini lebih efektif dibandingkan hanya mengonsumsi vitamin D. ”Studi kami membuktikan hubungan sebab-akibat bahwa kalsium dan vitamin D memiliki efek yang baik untuk kesehatan secara umum,”kata penulis studi Dr Lars Rejnmark,asisten profesor di Universitas Aarhus Hospital,Denmark.Lars mengatakan, kalsium dan vitamin D kini telah terbukti mengurangi risiko patah tulang osteoporosis dan kematian pada orang tua.Laporan tersebut akan diterbitkan dalam edisi Agustus Journal of Clinical Endokrinologi dan Metabolisme.

Dalam penelitian ini,tim Rejnmark mengumpulkan data dari lebih dari 70.000 orang yang berumur sekitar 70 tahun.Para peneliti menemukan bahwa selama tiga tahun,vitamin D saja tidak mengurangi risiko kematian (mortalitas),tapi ketika ditambah dengan asupan kalsium,risiko kematian berkurang 9%. Diketahui bahwa kombinasi vitamin D dan kalsium dapat mengurangi patah tulang pada orang tua. Namun,kelompok Rejnmark mencatat bahwa penurunan mortalitas yang terlihat dalam analisis ini bukan karena patah tulang lebih sedikit,tetapi efek dari suplemen yang melampaui kesehatan tulang.

Terakhir,data menunjukkan,mengikat suplemen kalsium ini akan meningkatkan risiko serangan jantung. Sebuah studi pada edisi bulan Mei tentang jantung menemukan bahwa suplemen kalsium dapat meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 86%.Namun, risiko tidak meningkat dengan kalsium yang bersumber dari makanan. Dr Michael Holick,profesor kedokteran,fisiologi,dan biofisika di Boston University School of Medicine,mengatakan bahwa penelitian lain menunjukkan vitamin D yang cukup dalam tubuh bisa mengurangi risiko kematian sekitar 7%.

Meskipun mekanisme yang tepat tentang mengapa suplemen ini memperpanjang umur tidak diketahui,Holick percaya bahwa konsumsi suplemen vitamin D beserta kalsium akan baik untuk meningkatkan fungsi sel dan kesehatan jantung. Holick merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi 1.500 sampai 2.000 vitamin D setiap hari dengan 1.000 sampai 1.200 miligram kalsium dari kedua diet dan suplemen dalam kombinasi.Menurut dia,tidak ada kerugian untuk meningkatkan asupan vitamin D.

”Dengan demikian,Anda akan memelihara kesehatan tulang Anda, Anda akan meningkatkan kekuatan otot dan Anda mungkin memiliki manfaat kesehatan tambahan, termasuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular,kanker tertentu,diabetes tipe 2,dan penyakit menular,”kata Holick. ● healtyday/dyah ayu pamela
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar