Minggu, 24 Maret 2013

Cukupi Gizi Mikro sejak dalam Kandungan


PDF Print
Tuesday, 09 October 2012
Meskipun jumlah kebutuhannya kecil,zat-zat gizi mikro biasanya memegang peranan penting dalam regulasi hormon maupun metabolisme dalam tubuh.

Sebaiknya cukupi kebutuhan zat ini sejak anak masih dalam kandungan.Karena kekurangan berbagai zat gizi mikro selama kehamilan dapat membawa dampak buruk,baik bagi bayi maupun janin.Oleh karena itu,pemenuhan kebutuhan zat gizi mikro pada kehamilan sangatlah penting untuk diperhatikan. Asam folat merupakan salah satu zat gizi penting yang diperlukan,bahkan sejak masa prakehamilan.

Selama masa kehamilan,asam folat harus tercukupi sehingga menunjang perkembangan jaringan embrio yang sehat dan mencegah terjadinya kelainan tabung saraf pada bayi. Selain asam folat, kebutuhan kalsium pada ibu hamil juga mengalami peningkatan yang signifikan.Kalsium diperlukan selama kehamilan untuk pembentukan rangka dan gigi janin.Ibu hamil disarankan mengonsumsi kalsium dari berbagai sumber makanan,seperti mengonsumsi susu, ikan,brokoli,dan makanan sumber kalsium lainnya untuk memenuhi kebutuhan zat gizi mikro pada hamilan.

Kebutuhan yodium juga sering kali meningkat pada masa kehamilan.Asupan yodium yang cukup penting untuk pembentukan hormon tiroksin,yaitu suatu hormon yang bertanggung jawab mengendalikan peningkatan kecepatan metabolisme selama kehamilan.Konsumsi zat besi juga tidak boleh kurang untuk mencegah anemia pada kehamilan.Ibu hamil yang mengalami anemia atau kurang darah lebih rentan terhadap risiko keguguran maupun kematian akibat melahirkan. ● dyah ayu pamela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar