Minggu, 24 Maret 2013

Daerah Diajak Percepat Program MDGs

Thursday, 13 October 2011

JAKARTA– Apresiasi terhadap upaya-upaya yang diarahkan untuk mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dengan penyelenggaraan program tahunan Indonesia MDGs Awards 2011yang bertema ”Beraksi untuk Negeri”.

Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs Nila Moeloek mengatakan, Indonesia MDGs Awardsakan menjadi salah satu ukuran dan bukti pencapaian pembangunan para peserta yang terdiri atas seluruh kabupaten/ kota di Indonesia. Program tersebut sekaligus akan merefleksikan semangat para pemangku kepentingan dari rencana-rencana yang telah disusun di tahun sebelumnya.

”Salah satu aspek penting untuk mendorong pencapaian MDGs adalah membangun sistem insentif dan disinsentif agar bisa mempercepat pencapaian MDGs,” kata Nila kemarin. Salah satu juri Indonesia MDG Awardsyang juga Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia Sonny Harry mengungkapkan,

tenggat waktu pencapaian MDGs sudah mendesak, tetapi kedelapan sasaran MDGs masih kurang mendapat perhatian dari para kepala daerah di tiap provinsi maupun kabupaten/kota. ”Hal tersebut terlihat dari alokasi anggaran yang disusun di kebanyakan daerah di Indonesia belum berorientasi pada percepatan MDGs,” jelasnya. (dyah ayu pamela)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar